5 Ways to comment


Hollaaaaa Bitchess Oops, I mean Readers…

It’s me, Onew. Yeah, me ofcourse..

Aku disini mau berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana cara berkomentar. Karena aku yakin ada BEBERAPA Readers, mungkin banyak atau sedikit aku nggak tau. Yang jelas beberapa Readers nggak tau cara berkomentar, itu yang menyebabkan mereka menjadi seorang SR atau Silent Reader a.k.a Pembaca bisu, atau orang yang nggak ngasih komentar.

Biasanya mereka baca yah cuman baca aja, abis selesai baca udah di tinggal pergi. Yang begini nih yang bikin sakit hati penulis. Kalian tau nggak kalau komentar itu jadi semacam penyemangat sendiri buat penulis? kalau nggak tau yah itu udah aku kasih tau.

Banyak alasan kenapa readers itu males komen. Pertama, mungkin dia nggak tau cara berkomentar. Aku juga dulu gitu, jamannya masih bergelut sama blog AVN (yg sekarang udah hilang di gondol Voldemort) aku juga pertamanya cuman jadi SR, karena emang nggak tau gimana caranya komentar. Tapi lama kelamaan aku pengen nuangin isi hatiku -halah- setelah sekian lama membaca. Dan aku langsung otodidak aja. Tapi kalau ragu, lebih baik search aja di Eyang Google. Biasanya dia baik lho, suka ngasih tau. Tapi yah itu, dia selalu minta imbalan, apalagi kalo bukan pulsa or kuota paket internet,ahaha. Tapi kan kalau akhirnya kalian dapat ilmu, why not?

Kedua, Tau cara komen tapi males. Yang ini nih yang bikin penulis kesel, rasanya pengen bakar tuh rambutnya biar botak,ahaha. Abisnya, udah tau cara komen tapi males komen,Ck. Kalian itu kan udah dikasih bacaan cuma-cuma (Nggak usah bahas soal berkurangnya kuota internet), tapi masih nggak mau komen juga,ckckck. Hal ini yang harus dibinasakan dari fikiran kalian. Hargailah karya penulis, walaupun mungkin bukan karya yang luar biasa atau WOW. Tapi kan dengan berkomen, penulis merasa kalau karyanya itu ada yang membaca, sekaligus di apresiasi.

Ketiga, Nggak tau apa yang musti dikomentarin. Heellooooo, masa dari sekian banyak tulisan, kalian nggak bisa komentarin apapun? padahal banyak banget lho yang harus dikomentarin. Apa lagi ceritaku, masih perlu banyak pembenahan dan perbaikan. Kalian bisa komen tentang alurnya lah, konteksnya lah, penggunaan bahasanya lah, apapun itu. Yang menurut kalian kurang sreg dan ingin sesuai harapan kalian. Atau minimal yah, just say hy kek, jadi penulis tau siapa aja yang baca ceritanya.

Oke, segitu aja Prolognya, sekarang masuk ke inti dari Thread ini. Onew akan berbagi tentang cara berkomentar, BUAT YANG BELUM TAU. Here we go!

How to comment

Step One : Masukan surel (alamat email) kalian. Kebanyakan komentator disini gak masukin Surelnya, jadi avatarnya sama, Ijo udah gitu jelek lagi,ahaha. Saranku sih lebih baik masukin aja! toh alamat itu gak bakal dipublikasikan, jadi nggak ada yang tau. Yah, kecuali adminnya sih. Lagian kalau kalian masukin email kalian banyak manfaatnya juga. Misalkan kalian mau ganti avatar, terus mau subscribe, atau pengen punya blog sendiri. Itu dimulai dari pengisian surel itu lho, Really! yang ini nggak pake bohong cyin,hahaha. Jadi, DISARANKAN untuk memasukan surel kalian. tapi kalau nggak mau juga gak apa-apa, yang penting udah komen aja syukur,ahaha

Step Two : Masukin nama kalian. Nah, kalau yang ini terserah kalian mau namain apa. Mau namain nama asli kalian kek, nama tokoh favorit kalian kek, atau yg lebih ngeri, nama hantu,eewww. Pokoknya isi terserah kalian.

Step Three : Masukin alamat website. Itu sih kalau kalaian punya. Kalau nggak punya yasudah, abaikan!hahaha. Biasanya, yang ngisi kayak ginian, dia komen via FB atau dia juga punya WP.

Step Four : Masukin komentar. Kalau yang ini juga bebas, mau ngisi apa pun. Yang berhubungan dengan cerita maupun thread. Tapi terkadang OOT juga di bolehkan, asal masih dalam konteks yang wajar,hahaha. Usahakan kalau komenan kalian dibalas, dan balasan itu juga perlu balasan, yah dibalas aja. Gak apa-apa, biar blog ini lebih hidup. Nggak kayak zombie. Kalau kalian pernah tau yang namanya AVN pasti kalian kagum gimana interaksi antara Writer dan Reader, ataupun Reader ke Reader lainnya. Kita itu terkadang malah berlanjut ke curhat lho, bahkan banyak yang akhirnya jadian. Kan siapa tau jodoh kalian ada disini,ahaha. Yang jelas, jangan coba-coba promosi nomor kalian atau masukin link terlalu banyak. Karena biasanya langsung di spam sama WP. Asal kalian tau, banyak juga komen mereka yang masuk spam, dan isinya yah mempromosikan diri sendiri. Yang kayak gini nggak usah ya! Kalau mau kenalan lebih dekat tinggal kasih aja SATU alamat email, atau akun apa kek. Yang jelas jangan nomor, karena biasanya langsung masuk spam.

Step Five : Klik tombol Post comment atau kirim komentar. Ini adalah langkah terakhir yang menandakan proses berkomentar selesai.

Nah, itu lima cara berkomentar. Jadi, mulai sekarang nggak ada lagi tuh yang namanya nggak tau cara komen. Dan jangan males juga, apalagi dengan alasan nggak tau apa yang mau dikomen, itu tuh udah so last year banget, Kuno a.k.a Basi. Jadi mulai sekarang jadilah komentator. Jangan jadi Silent Reader!

Oh ya satu lagi. di bawah itukan ada dua kotak kecil-kecil tuh. Itu fungsinya buat kalian dapet apdetan terbaru. Kalau yang pertama itu kalian bakalan dikasih tau kalau komen kalian dibalas via email. Yang kedua, kalian bakalan dikasih tau kalau ada tulisan terbaru di blog inivia email. Caranya gampang, tinggak di klik, nanti muncul tanda centang. Tapi yah kalian harus masukin SUrel kalian. Kalau nggak yah, sama aja bohong.

Oke, demikian tausiyah singkat dari Mama Onew. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan konfirmasi, nanti tak kirim surel ku, kenalan juga boleh,ahaha. Pokoknya akan dipastikan dijawab,hehehe :-p

Thank you buat semua SR yang udah insyaf, sekarang waktunya Onew membalas balasan kalian,hahaha *kiss*

NB : Sorry for typo and everything,ahaha

Yours truly,

Onew Feuerriegel

16 thoughts on “5 Ways to comment

  1. seep deh MbaSist…
    Eh MbaBro maksudnya…
    gimana nie manggilnya? -_-a
    Btw, tunggu ae commentx next chapter, pasti pedas, spektakuler(pake muncrat), n membahana..
    Huuahahahaha..

  2. LOL..
    Entah kenapa gw baca postingan ini dengan cara gw baca dialog2nya si zavan…XD
    ahahahaha

    mungkin juga sebagian tau dan mau komen…
    tapi masih malu buat ngeluarin pendapat mereka…
    hahahahaha
    #semacamcurhat😄

  3. AVN di frezee my bang andy padahal akukan belum jadi authorsuki =))H̶̲̥̅̊ǟH̶̲̥̅̊ǟH̶̲̥̅̊ǟH̶̲̥̅̊ǟH̶̲̥̅̊ǟ=)) ngimpi satu cerita aja brenti dipart 5 whateva lah yg penting dah ada wadah baru ni punya Mr bitchie rendi febrian yg ciptain lagu bertahan ma jenu ( itu rio febrian okelah salah fokus ) but kata onet si udah tunpengan n ganti nama jadi rendi sardeen, puh-lease dah net , anyway wa or ‎​ßßM gw ya eh wechat eloooo ┐(‘o’ ┐) mash aktif kaga ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s